Doa Penerang Hati

doa penerang hatiilmu pelet dan pengasihan – Dalam kehidupan sehari hari kadang kala kita menemukan seorang anak yang sangat rajin belajar dan juga kadang ada anak yang sangat sulit kalau di suruh belajar,apalagi di jaman sekarang ini,dimana main game lebih mereka sukai di banding membaca sebuah buku.

Seorang anak yang rajin belajar dan yang malas belajar tentunya tidak terlepas dari usaha dan ikhtiar dari orang tua yang bersangkutan mengarahkan mereka baik dengan cara keras maupun cara lembut.

Dalam islam ada tatacara khusus yang di gunakan untuk mendidik anak,mulai dalam kandungan sampai dia besar,kegagalan dalam mendidik anak tentunya sangta berpengaruh kepada kepribadian anak itu sendiri setelah besar nantinya.

Dalam hal ini kita tidak bisa menyalahkan sepenuhnya kepada anak tersebut,apalagi kalau sampai menyalahkan orang lain termasuk guru yang mengajarnya di sekolah.

3 Cara Utama Dalam Mendidik Anak

Orang tua merupakan orang yang pertama yang mempunyai peluang paling besar untuk menjadikan anak tersebut menjadi anak sholeh dan sholehah.pembentukan karakter islami secara dini menjadi kunci utama dalam pendidikan anak.

Karena itu dalam cara pendidikan anak menurut ajaran rasulullah saya mencoba menjadikan 3 kelompok atau 3 tahapan utama .yaitu :

1.Mendidik atau dengan pengenalan tauhid sedini mungkin.

Pada tahapan ini di tanamkan aqidah tauhid bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammmad adalah Rasulullah.

2.Mendidik Anak Untuk Mengenal Ibadah wajib.

* pada usia lima tahun anak sudah mengenal arah,maka di kenalkan kepadanya tentang arah kiblat.dan mulailah mengajak anak shalat.
*pada umur 7 tahun sudah mulai di ajarkan tatacara berudhu,dan sudah di suruh secara halus untuk mengerjakan shalat 5 waktu.
*Pada Umur 9 tahun si anak sudah bisa berudhu dengan benar serta shalat dengan baik,pada tahapan ini boleh menerapkan hukuman sesuai syariat islam bila anak tidak mengerjakan shalat.

3.Mengajari anak tentang ibadah wajib dan ibadah sunah lainnya.

Ketika sudah akil baligh maka anak sudah mengetahui tentang shalat wajib,puasa ramadhan serta ibadah ibadah sunah lainnya seperti shalat sunah maupun puasa sunat serta amalan amalan sunah lainnya.

Pada tahapan ini bantulah anak dengan menyediakan buku buku bacaan yang bermanfaat untuk tujuan tersebut,serta sediakan waktu untuk lebih mengenal dan mengarahkan mereka seandainya ada hal hal yang sepertinya akan menyimpang dari aqidah dan tuntunan dalam islam.

Doa Penerang Hati Supaya Anak Rajin Dan Senang Belajar

Di samping usaha lahir maka tidak ada salahnya kita juga menggabungkannya dengan usaha batin sebagai doa supaya anak anak kita bisa menjadi anak anak yang sholeh yang bisa bermanfaat bagi dirinya ,orang tua,agama serta negaranya.

Maka dalam hal ini ijinkan kami berbagi sebuah amaliah untuk orang tua dengan media air zam zam,dengan harapan agar hati anak tersebut terbuka untuk mengisi waktunya dengan hal hal yang bermanfaat salah satunya rajin belajar,di samping itu mudah mudahan dengan berkat air zam zam tersebut maka anak itu bisa menangkap pelajaran dengan mudah.

Caranya:

1.setelah shalat subuh sediakan air zam zam lalu bacakan surah al insyirah sebanyak 35 kali,kemudian di minumkan kepada anak kita tersebut.

BISMILLAHIRRANMANIIRRAHIIM
ALAM NASRAH LAKA SHADRAK # WA WA DHA’NAA ANKA WIJRAK # ALLADZI ANQADHA DHAHRAK # WA RAFA’NA LAKA DZIKRAK # FA INNAMA AL USYRI YUSRA#INNAMA AL USYRI YUSRA # FA IDZA FARAGTA FANSHAB#WA ILA RABBIKA FARGAB (35X).

Demikian tulisan singkat ini semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wasalam

Fathul ahadi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *