alqur’an sebagai landasan hidup muslim.

al qur'anilmupeletdanpengasihan.com – Ada orang yang beranggapan bahwa agama hanyalah mencakup ritual yang terbatas pada waktu-waktu tertentu—bahwa hidup melulu terdiri atas masa-masa sholat dan masa-masa lainnya.

Mereka memikirkan Allah dan hidup sesudah mati melulu di ketika mereka berdoa, berpuasa, bersedekah, atau naik haji ke Mekah.

Di waktu beda mereka terbenam dalam hal dunia. Hidup di dunia ini untuk mereka ialah perjuangan tanpa arah yang jelas.

Orang semacam itu nyaris memisahkan diri dari Al Qur’an sepenuhnya dan mempunyai tujuan sendiri dalam hidup, pemahaman sendiri tentang akhlak, pandangan sendiri tentang dunia dan pedoman nilainya.

Mereka tidak memahami apa arti doktrin Al Qur’an sebenarnya.
Sangat tidak sedikit sekali orang yang menyimak Al-Qur’an, namun kamu tidak mengejar pengaruhnya pada prilaku, akhlak dan pergaulan mereka.

Bahkan sebaliknya kamu temui beberapa mereka akhlaknya tidak terpuji, pergaulan dan mu`amalatnya kasar dan kaku, baik terhadap keluarga, tetangga ataupun terhadap orang lain.

Padahal, demi Allah….. tersebut bukan akhlak dan prilaku yang patut dipunyai oleh seorang muslim yang suka menyimak dan menghayati Kitab Suci Al-Qur’an?

Lalu dimana pengaruh Al-Qur’an terhadap jiwa mereka…..???Bacaan alqur’an mereka Cuma sekedar tenggorokan saja ..!!!!

Kondisi seperti tersebut tidak dirasakan oleh mereka sebagai kemungkaran dan pada gilirannya datanglah dominasi berikutnya yang menjadikan bid`ah sebagai pengganti Sunnah,

emosi sebagai pengganti akal, hawa nafsu sebagai pengganti petunjuk, kesesatan sebagai pengganti hidayah, kemunkaran sebagai pengganti yang ma`ruf,

kebodohan sebagai pengganti ilmu, riya sebagai pengganti keikhlasan, kebatian sebagai pengganti yang haq, dusta sebagai pengganti kejujuran,

berpura-pura sebagai pengganti nasihat dan kezhaliman sebagai pengganti keadilan.kekerasan sebagai pengganti kasih sayang,

Maka yang dominan ialah perkara-perkara batil itu dan semua pelakunya menjadi orang yang dihormati, sebenarnya seb elumnya yang ditegakkan ialah sebaliknya dan semua penegaknya menemukan acungan ibu jari dan pusat perhatian.

Alqur’an sebagai landasan hidup muslim

Sebagai umat muslim, Al Quran dan As Sunnah ialah pedoman tetap yang tidak bisa di gantikan oleh apapun juga.

Al Quran sebagai buku suci umat Islam yang bernilai Robbani mempunyai kandungan yang sangat lengkap dan berlaku sepanjang masa untuk seluruh umat manusia.

Yang akan menyerahkan petunjuk untuk seluruh insan yang beriman untuk Allah swt dan Al Quran, sampai-sampai tidak bakal salah dan tersesat dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini.

Sementara As Sunnah akan menyerahkan penjelasan-penjelasan secara rinci tentang kandungan Al Quran yang memang dapat disebutkan sebagai buku suci yang memakai bahasa sastra tingkat tinggi tersebut.

Kehidupan ialah sebuah perjalanan yang lumayan panjang untuk manusia, yang di dalamnya terdapat tidak sedikit peristiwa, permasalahan, dan sekian banyak macam kegiatan yang mesti di laluinya, suka atau tidak suka.

Banyak hal-hal baru yang senantiasa menanti insan di hari esoknya. Oleh sebab itu, insan hendaknya senantiasa mengintensifkan kontaknya dengan pedoman hidup mereka, yakni Al Quran dan as sunnah untuk umat muslim. Wallahu a’lam.

Sekian dulu dari saya,semoga ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Wasalam

Fathul ahadi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *