31 Doa Nabi Muhammad

doa-nabiIlmupeletdanpengasihan.com – kali ini mengetengahkan sejumlah doa dari nabi anda ,sengaja saya susun mulai dari bangun istirahat sampai istirahat kembali dengan judul 31 doa nabi,semoga dapat bermanfaat untuk rekan pembaca.

Segala puji untuk Allah Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan untuk Rasulullah Muhammad SAW, keluarga, sahabat-sahabat beliau, dan segenap pengikutnya dari dahulu sampai kini dan di masa yang bakal datang. Do’a merupakan keperluan riil untuk kaum muslimin.

Sebab, umat insan tidak pernah lepas dari kebutuhan. Dan do’a adalahperantara guna menghadirkan keperluan kita cocok dengan kehendak Allah SWT. Dengan harapan, kita dapat lebih mengetahui dan memaknai do’a sebagai ibadah dan perantara terkabulnya permohonan kita untuk Allah SWT.

Doa, dalam bahasa Arab berasal dari akar kata da’a-yad’u yang berarti memohon, meminta pertolongan, menyeru, dll. Dalam al-Qur’an maupun Hadits juga tidak sedikit ada makna doa. Tetapi secara umum, doa dicerna sebagai format permohonan seorang hamba untuk Sang Khaliq, Allah Swt. Permohonan tersebut pasti untuk kebajikan diri dan orang lain, bukan guna sesuatu yang negatif.

Sebelum berdoa hendaklah memuji terlebih dahulu untuk Allah SWT dan menyimak shalawat serta salam untuk Nabi Muhammad Saw. Bersangka baik untuk Allah Swt dan yakin doanya bakal dikabulkan, baik cepat maupun lambat. Mengakui dosa dan kesalahan. Memantapkan hati. Tidak tergesa-gesa. Doa yang dipanjatkan guna kebaikan, bukan keburukan.

Pada dasarnya, kita dapat berdoa kapanpun di luar masa-masa atau lokasi yang dilarang oleh syara’. Tetapi, terdapat waktu-waktu utama guna berdoa, di ataranya: Pada masa-masa pagi hari, khususnya sesudah shalat Subuh sampai sebelum keluar matahari.

Pada masa-masa siang hari khususnya sesudah shalat Dhuhur di masa-masa matahari tergelincir.. Pada waktu senja hari khususnya sesudah shalat Ashar dan pada masa-masa sebelum tenggelam matahari. Pada mula malam, khususnya sesudah shalat Maghrib dan shalat ‘Isya’.

Pada waktu berakhir bangun istirahat tengah malam sampai masuk masa-masa shalat Subuh. Pada masa-masa berada dalam majlis-majlis pertemuan. Di segala waktu-waktu yang dituntunkan syara’ guna berdzikir. Waktu sela antara dua khutbah.

31 Doa Nabi Muhammad

Banyak sekali doa yang di ajarkan Nabi anda Muhammad S.A.W,dalam setiap pekerjaan mulai dari bangun istirahat sampai istirahat kembali,berikut sejumlah doa yang di sesuaikan waktunya guna situasi/keadaan yang tidak jarang kali kita temui dalam kehidupan sehari hari :

1.Do’a Bangun Tidur
AL’HAMDU LILLAAHILLADZII AHYAANAA BA’DA MAA AMAATANAA WA ILAIHINNUSYUUR.
Artinya:“Segala puji untuk Allah yang sudah menghidupkan kami setelah mati dan kepada-Nya kami dikembalikan.” (HR. Bukhori Muslim)

2. Do’a Masuk WC/Kamar Mandi
ALLOOHUMMA INNI A’UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITS.
Artinya : “Ya Allah, bahwasannya aku berlindung kepada-Mu dari syetan laki-laki dan perempuan.” (HR. Bukhori dan Muslim)

3. Do’a Keluar WC/ Kamar Mandi
AL’HAMDULILLAAHILLADZII ADZHABA ‘ANNIL ADZAA WA ‘AAFAANII.
Artinya: “Segala puji untuk Allah yang sudah menghilangkan kotoran (penyakit) dariku dan menyehatkanku.” (HR. Ibnu Sunni dan Thabrani

4. Do’a Sebelum Makan
ALLOOHUMMA BAARIKLANAA FIIMAA ROZAQTANAA WAQINAA ‘ADZAABANNAAR.
Artinya :“Ya Allah, berkahilah untuk kami dalam segala rezki kami dan jagalah kami dari api neraka.” (HR. Ibn Sunni)

5. Do’a Sesudah Makan
AL’HAMDULILLAAHILLADZII ATH’AMANAA WA SAQOONAA WA JA’ALANAA MUSLIMIIN.
Artinya :“Segala puji untuk Allah yang sudah memberi santap dan minum, dan menjadikan kami orang muslim.” (HR. Abu Dawud)

6. Do’a Bercermin
ALLOOHUMMA KAMAA HASSANTA KHOLQII FAHASSIN KHULUQII.
Artinya: “Ya Allah, Engkau sudah memperbagus rupaku, maka perbaguskanlah akhlakku.” (HR.Ibnu Sunni dari Ali ra)

7. Do’a Berpakaian
AL’HAMDULILLAAHILLADZII KASAANII HAADZAA WA ROZAQONII
Artinya:“Segala puji untuk Allah yang memberiku pakaian dan memberiku rezeki.” (HR. Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah)

8. Do’a Keluar Rumah/Bepergian
BISMILLAAHI TAWAKKALTU ‘ALALLOOHI WA LAA HAULA WA LAAQUWWATA ILLAA BILLAAH.
Artinya: “Dengan Asma Allah, aku berserah diri untuk Allah, tiada daya upaya kecuali dari Allah.”(HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

9. Do’a Naik Kendaraan (1)
BISMILLAAHI MAJROHA WA MURSAAHAA INNAROBBII LAGHOFUURURROHIIM
Artinya:“Dengan nama Allah, berhenti dan berjalannya kendaraan ini, bahwasannya Tuhanku Maha Pengampun dan Penyayang.”(QS. Hud 41)

10. Do’a Naik Kendaraan (2)
SUBHAANALLADZII SAKHKHORO LANAA HAADZAA WAMAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA ROBBINAA LAMUNQOLIBUUN.
Artinya: “Maha Suci Allah yang sudah menundukkan seluruh ini untuk kami, sebenarnya kami sebetulnya tidak dapat menguasainya dan bahwasannya kami akan berpulang pada Allah.”(HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

11. Do’a Ketika Turun Hujan
ALLOOHUMMA SHOYYIBAAN NAAFI’AA.
Artinya “Ya Allah, semoga hujan ini bermanfaat.”(HR. Bukhori)

12. Do’a Ketika Ada Angin Kencang
ALLOOHUMMA INII AS ALUKA KHOIROHAA WA A’UUDZUBIKA MIN SYARRIHAA
Artinya:“Ya Allah, bahwasannya aku minta kepada-Mu yang baik dan aku minta perlindungan-Mu dari bencananya.” (HR.Abu Dawud dan Ibnu Majah)

13. Do’a Mendengar Petir
SUBHAANALLADZI YUSABBIHURRO’DU BIHAMDIHI WAL MALAA IKATU MIN KHIIFATIH
Artinya :“Maha Suci Allah, petir dan malaikat bertasbih memuji-Nya sebab tunduk kepada-Nya.”(HR. Imam Malik)

14. Do’a Ditimpa Kesusahan/Musibah
INNAALILLAAHI WA INNAA ILAIHI ROOJI’UUN. ALOOHUMMA AJIRFII MUSHIIBATI WAKHLIF LII KHOIRON MINHAA.
Artinya:“Sesungguhnya kami kepunyaan Allah dan bahwasannya kami pulang kepada-Nya. Ya Allah, berilah kami pahala dalam musibahku ini dan berilah pengganti yang lebih baik.”(HR. Muslim dari Ummu Salamah)

15. Do’a saat mengalami kesulitan
ALLOOHUMMA LAA SAHLA ILLA MAA JA’ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ ‘ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAN
Artinya: “Ya Allah tidak ada fasilitas kecuali apa yang anda jadikan gampang sedang yang sulit Engkau jadikan mudah bilamana Engkau menghendaki-Nya.”(HR. Ibnu Hiban dan Ibnu Suni)

16. Do’a Bila Marah
A’UUDZUBILLAAHI MINASSYAITOONIR ROJIIM. ALLOOHUMMAGHFIRDZAMBII WA ADZHIB GHOIDHO QOLBII
Artinya:“Aku berlindung untuk Allah dari syetan yang terkutuk. Ya Allah, ampunilah dosaku dan hilangkanlah kepanasan hatiku dan lepaskanlah aku dari syetan yang terkutuk.”(HR. Bukhori Muslim)

17. Do’a Masuk Rumah
BISMILLAAHI WALAJNAA WABISMILLAAHI KHOROJNAA WA ‘ALAA ROBBINA TAWAKKALNAA “
Artinya: Dengan nama Allah aku masuk lokasi tinggal dengan nama Allah pula aku terbit rumah dan untuk Allah aku berserah diri.” (HR. Abu Dawud)

18. Do’a Melepaskan Pakaian
BISMILLAAHILLADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWA.
Artinya:“Dengan nama Allah yang tidak terdapat Tuhan di samping Dia.”(HR. Ibnu Majah)

19. Do’a Masuk Masjid
ALLOOHUMMAF TAHLII ABWAABA ROHMATIK.
Artinya: “Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu.” (HR. Muslim dan Ibn Majah).

20. Do’a guna Kedua Orang Tua
ALLOOHUMMAGHFIRLII WALIWAA LIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIROO.
Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku saat aku masih kecil.”

21. Do’a Kebaikan Dunia dan Akherat
ROBBANAA AATINAA FIDDUNYAA HASANATAN WAFIL AAKHIROTI HASANATAN WAQINAA ‘ADZAA BANNAAR.
Artinya: “Ya Allah, berilah kami kebajikan di dunia dan akherat, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”(Al-Baqarah 102)

22. Do’a Keluar Masjid
ALLOOHUMMA INNII AS ALUKA MIN FADHLIK .
Artinya: “Ya Allah, aku memohon karunia-Mu.” (HR Ibnu Majah)

23. Do’a Bila Sakit
BISMILLAAHI 3X A’UUDZUBI ‘IZZATILLAAHI WA QUDRATIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU.
Artinya: “Dengan nama Allah 3x Aku berlindung kepada keagungan dan dominasi Allah dari bahaya yang saya rasakan dan saya khawatirkan.”(HR.Muslim)

24. Do’a Senandung al-Qur’an
ALOOHUMMARHAMNII BIL QUR’AAN. WAJ’ALHUL LII IMAAMAAN WA NUURON WA HUDAWWARAHMAH. ALLOOHUMMA DZAKKIRNII MINHU MAA NASIITU WA ‘ALLIMNII MINHU MAA JAHILTU WARZUQNII TILAAWATAHU AANAA ALLAILI WAATHROOFANNAHAAR. WAJ’ALHULII HUJJATAN YAA ROBBAL ‘AALAMIIN.
Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an dan jadikanlah Al-Qur’an untukku sebagai ilmu dan cahaya dan tuntunan dan rahmat. Ya Allah, ingatkan darinya apa yang aku tak sempat dan ajarilah aku darinya apa-apa yang aku tidak tahu dan berilah rizki kepadaku dengan membacanya tengah malam dan penghujung siang dan jadikanlah dia untukku sebagai pembela. Wahai Tuhan semesta alam.”

25. Do’a Mulai Belajar
ROBBI ZIDNII ‘IIMAN WARZUQNII FAHMAA.
Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah ilmu padaku dan kefahaman.”

26. Do’a Pembuka Hati
ROBBISHROHLII SHODRII WAYASSIRLII AMRII WAHLUL ‘UQDATAN MIN LISAANII YAFQOHUU QOULII.
Artinya: “Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku supaya mereka memahami perkataanku.” (QS. Thoha: 25-28)

27. Do’a Sesudah Belajar
ALLOOHUMMA ARINAL HAQQO HAQQON WARZUQNAAT TIBAA’AH WA ARINAL BAATHILA BAATHILA WARZUQNAJ TINAABAH
Artinya:“Ya Allah berilah kami peringatan bahwa yang benar itu ialah benar dan berilah kami jalan guna mengikutinya. Dan berilah kami peringatan bahwa yang batil itu ialah batil dan berilah kami jalan guna menghindarinya.”

28. Do’a Mohon Anak yang Shalih
ROBBI HABLII MINASH SHOOLIHIIN
Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (anak) yang tergolong orang-orang yang sholih.”(QS. Ash-Shoffat: 100)

29. Do’a Mohon Keturunan yang Baik
ROBBI HABLII MIN LADUNKA DZURRIYYATAN THOYYIBATAN. INNAKA SAMII’ID DU-AA’
Artinya:“Ya Tuhanku, berikanlah aku dari segi Engkau seorang anak keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.”)QS. Ali Imron 38)

30. Do’a Digolongkan Orang-orang Sholih
ROBBI HABLII HUKMAN WA ALHIQNII BISH SHOOLIHIIN WAJ ‘ALLII LISAANA SHIDQIN FIL AAKHIRIIN. WAJ ‘ALNII MIN WAROTSATI JANNATINN NA’IM.
Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam kelompok orang-orang yang sholih dan jadikanlah aku buah tutur yang baik untuk orang-orang yang baik untuk orang-orang yang datang lantas dan jadikanlah aku tergolong orang-orang yang mempusakai surga yang sarat kenikmatan.”(QS. Asy-Syu’ara 83-85)

31. Do’a Sebelum Tidur
BISMIKALLOOHUMMA AHYAA WA AMUUT.
Artinya:“Dengan nama-Mu, ya Allah, aku hidup dan aku mati.” (HR. Bukhori)

Demikian doa doa dari nabi yang saya jajaki susun mulai bangun istirahat sampai istirahat lagi,semoga apa yang saya ucapkan bermanfaat untuk anda.salah khilaf minta maaf.

Sekian dulu dari saya,semoga ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Wasalam

Fathul ahadi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *