12 khasiat Alang-Alang

12 khasiat Alang-Alang (Imperata cylindrica L.)

alang alangilmupeletdanpengasihan.com – Mungkin ketika kita berjalan-jalan di sawah atau wilayah semacamnya tidak jarang kali menjumpai rumput yang lumayan tinggi dan mengganggu pemandangan.

Tanaman yang satu ini dikenal dengan nama alang-alang. Meskipun untuk para petani dikategorikan sebagai gulma sebab dapat merintangi pertumbuhan tumbuhan yang tengah mereka budidayakan tetapi dibalik tersebut semua tanaman ini menyimpan sekian banyak macam manfaat.

Tanaman alang-alang berisi bagian kimia alami laksana glukosa, manitol, asam sitrat, asam malic, arundoin, coixol, fernerol, silindrin,anemonin, simiarenol, esin, saponin, alkali, polifenol, dan taninin.

Kandungan ini ada pada unsur batang, akar dan bunganya yang tidak jarang dijadikan pilihan pengobatan tradisional laksana pada guna kunyit putih ataupun guna temulawak.

Berbagai kandungan kimia baik pada alang-alang menghasilkan rasa sejuk laksana yang dialami pada guna ketimun ataupun guna semangka.

Kandungan-kandungannya menyusun semacam antipiretik yang bisa menurunkan panas. Selain tersebut mempunyai sifat diuretic yang meluruhkan kemih dan bisa menghilangkan rasa haus.

Sifat bahan kiianya yang menyejukkan menciptakan alang-alang dijadikan bahan penciptaan minuman pereda panas dalam dalam kemasan.

12 khasiat akar alang alang

Banyak sekali khasiat akar alang alang ini untuk kesehatan, ini disebabkan Alang-alang berisi manitol, glukosa, sakharosa, citric acid, malic acid, cylindrin, fernenol, coixol, arundoin, anemonin, simiarenol, damar, logam alkali, dan asam kersik.

Tanaman alang-alang kaya akan sekian banyak macam zat, diantaranya ialah imperanene dan pun graminone B, menurut riset kedua zat itu memiliki guna yang jauh diluar estimasi kita sekitar ini.

Imperanene sendiri secara efektif bisa menghambat pembekuan sel darah. Jadi untuk yang mempunyai penyakit berhubungan dengan serangan jantung dapat mengonsumsinya secara teratur.

Sedangkan graminone B sendiri secara efektif dapat menangkal penyempitan pembuluh aorta dalam jantung. Di samping bermanfaat untuk kesehatan jantung

Kandungan itu menjadikan alang-alang mempunyai sifat menurunkan panas ( antipiretik ), meluruhkan kemih ( diuretik ), menghentikan pendarahan ( hemostatik ), dan menghilangkan haus. disamping tersebut alang-alang pun mempunyai sifat manis dan sejuk.

Efek penyembuhan tumbuhan ini menginjak meridian paru-paru, lambung, dan usus kecil. Dengan sifat diueretik yang melancarkan air kencing, ilalang pun berkhasiat menyembuhkan penyakit radang ginjal dan adalahobat batuk.

1. Melancarkan buang air kecil
Terkadang masalah umum laksana buang air kecil tak fasih sering kali dirasakan masyarakat.

Hal ini seringkali menyebabkan rasa sakit pada wilayah kemaluan. Salah satu teknik untuk mengatasinya pun mudah yaitu memakai alang-alang yang dibaur dengan gula batu, seduh dan dinginkan, minum secara teratur.

2. Mengatasi kencing batu
Penyakit yang satu ini terjadi sebab ada endapan kalsium dalam kandung kemih, urusan ini mengakibatkan buang air kecil menjadi tak fasih dan pun disertai dengan rasa yang sakit.

Cara mengatasinya lumayan mudah, yakni merebus akar alang-alang, daun meniran dan pun kumis kucing, biarkan sampai dingin lantas minum 3 bahan itu secara bersamaan .

dapat menggempur endapan batu dalam kandung kemih, nantinya hancuran dari batu itu akan ikut terbawa air seni.

3. Mengatasi hipertensi atau desakan darah tinggi
Salah satu penyebab desakan darah tinggi ialah endapan lemak dan pun kolesterol yang menghambat aliran darah,

namun tidak boleh khawatir sebab konsumsi sari alang-alang secara tertata efektif menanggulangi masalah tersebut. Caranya, siapkan 200 akar alang-alang, tangkue (manisan diciptakan dari labu putih), rebus dengan 2 gelas air sampai airnya bermukim setengah, dinginkan, saring ainya kemudian minum 2 kali sehari.

4. Obat guna radang paru-paru
Paru-paru menjadi di antara organ vital untuk manusia sebab manfaatnya guna bernapas, namun tidak boleh salah sebab bagian organ tubuh tersebut pun sangat rentan merasakan masalah,

salah satunya ialah terjadi peradangan, andai sudah laksana ini tentu membutuhkan ongkos yang tak tidak banyak untuk pengobatan, tetapi tak butuh khawatir sebab Anda dapat mengatasinya sendiri memakai alang-alang.

5. Mengobati penyakit asma
Tak jauh bertolak belakang dengan masalah paru-paru, penyakit asma ini pun terjadi pada unsur tersebut.

Untuk mengatasinya lumayan dengan merebus 100 gram akar alang-alang, tambah 50 gram kencur dan 50 gram sirih, seduh memakai 200 ml air biarkan sampai tinggal separuh dan saring lantas minum secara teratur.

6. Mengobati keputihan
Masalah laksana keputihan memang umum dirasakan oleh wanita, namun tidak boleh salah sebab penyakit tersebut dapat sangat riskan jika tidak dipedulikan secara terus menerus.

Jangan khawatir sebab Anda dapat mengatasinya memakai alang-alang, lumayan dengan merebus akar alang-alang, diperbanyak daun pepaya dan pulasari, minum air rebusannya 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

7. Mimisan, hepatitis
Mimisan ialah istilah guna keluarnya darah dari lubang hidung. Banyak sekali obat tradisional yang dapat digunakan guna mengatasinya.

Salah satunya ialah akar tumbuhan alang-alang. Caranya, ambil 200 gram akar alang-alang kemudian dicuci, rebus dengan 6 gelas air hingga airnya bermukim 2 gelas. Dinginkan, saring airnya guna diminum 3 kali sehari. Ramuan itu juga dapat digunakan guna mengobati penyakit hepatitis.

8. Prostat
Masalah prostat ini tidak sedikit dialami oleh laki-laki berusia lanjut, diatas 60 tahun. Jika kita mempunyai keluarga yang mempunyai kanker prostat, resiko terpapar menjadi lebih besar.

Karena itu, kerjakan langkah pencegahan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. Untuk penyembuhan tradisional, ambil 500 gram akar alang-alang direbus dengan 6 gelas air hingga airnya bermukim setengah. Dinginkan airnya guna diminum 3 kali sehari.

9. Mengobati diare
Manfaat alang-alang yang lainnya ialah dapat mengobati diare pada anak dan dewasa.

Caranya, 250 gram akar alang-alang dibersihkan bersih, kemudian direbus dengan 2 gelas air sekitar 15 menit. Saring airnya, lantas diminum. Sekali minum 1 gelas, segera sesudah buang air besar.

10. Mengobati demam dan kencing berdarah
Selain berfungsi sebagai peluruh air seni, khasiat beda dari akar tumbuhan alang-alang ini ialah mengobati demam dampak kencing berdarah.

Caranya, 1 sendok santap penuh rimpang alang-alang, rebus dengan sejumlah potong tang kwe (daging buah beligu separuh matang yang diciptakan manisan kering) dalam dua gelas hingga airnya bermukim separuh.

Air rebusan ini diminum sejumlah 2 gelas 1 hari. Air kencing bakal normal dan suhu badan bakal turun.

11. Mengobati muntah darah
Selain bisa menghentikan mimisan akar tumbuhan alang-alang ini juga bermanfaat sebagai obat guna muntah darah.

Caranya, ambil 60 gram akar tumbuhan alang-alang lalu dibersihkan bersih dan dipotong-potong. Rebus akar alang-alang itu dengan 2000 cc air sampai tersisa 1200 cc.

Saring airnya, lantas diminum 3 kali sehari. Tambahkan tidak banyak gula batu supaya rasanya lebih enak.

12. Obat Muntah Darah
Tumbuhan alang-alang guna Obat Muntah Darah dengan teknik sebagai inilah :

Gunakan akar alang-alang selama 30 hingga 60 gram, cuci bersih,lalu potong-potong Kemudian rebus potongan akar alang-alang dengan3 gelas air sampai tersisa 1 gela Lalu saring untuk mengasingkan ampasnya air rebusan alang-alang ini dapat diminum sesudah dingin.

semoga ini dapat bermanfaat..

wasalam

Fathul ahadi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *